Kamis, 22 Oktober 2009

Jogja kali ini..

22 okt 09, Jogja secara di sadari atau tidak mengalami kenaikan suhu yang cukup signifikan.. dalam ramalan dari BMG dan geofisika jogja masih akan terus mengalami keadaan seperti ini paling tidak, sampai akhir november 2009. puncak suhu yang cukup riskan terjadi pada hari senin 19 oktober 2009, jogja kala itu mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi, dan alhasil suhu pada hari itu mencapai +/- 39 derajat celcius. semua ini sangat meresahkan warga sekaligus meresahkan para peduli lingkungan.

Pemanasan global adalah kata yang tepat, untuk menggambarkan ini semua.. perilaku masyarakat jogja yang kurang ramah pada lingkungan sangat terlihat dari rutinitas mereka yang lebih senang mengenakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, atau bahkan seringnya memakai produk pembungkus makanan dari bahan dasar plastik. semua ini dapat memungkinkan meningkatnya suhu di kota Yogya itu sendiri. Apalagi, jika kita kenarai lebih lanjut, kota Jogja hanya memiliki lahan hijau yang teramat sempit, sebut saja daerah "kota baru & area sekitar Kridosono", yang dicanangkan sebagai lahan hijau pun sepertinya harus di tinjau ulang kembali, bagaimana tidak, di sekitar wilayah tersebut, masih banyak bangunan beton, dan bahkan di alih funngsikan sebagai bangunan bisnis dan beberapa sekolah..

mungkin jika semua di kaitkan ada hubungannya, tetapi semua kembali kepada persepsi masing-masing..


sementara, di lain hal pada senin malamnya, tepat pukul 21.45 wib terdapat gelaran akbar di alun-alun utara Kota Yogyakarta. "Gets Rock", yah mungkin seperti itu slogan yang diberikan panitia untuk menggelar konser Superman Is Dead, band asal Bali tersebut untuk kesekian kalinya tampil di kota gudeg ini.
penampilannya cukup meyakinkan di atas panggung, walau banyak cemooh dari penggemar musik yang lain karena di yakini para personel SID belum memiliki kapasitas dalam bermusik terlebih dalam melaksanakan live performance. Tetapi semua itu d sanggahnya, dengan sukses mengguncang Jogja malam itu. mereka membawa beberapa lagu hits andalannya, antara lain lagu "Lady Rose" yang sukses mengajak hampir seluruh penonton yang hadir riuh menyanyikan lagu melow ala anak Punk Rock seperti SID, atau lagu "Kuat Kita Bersama" yang juga sukses mengajak penonton bernyanyi sambil berdansa dan melonjak-lonjak dengan tentunya dansa ala anak Punk, yah ini lah realita bahwa Jogja masih lekat dengan musik yang mungkin pada sebagian masyarakat adalah musik yang membisingkan telinga. tercatat ada beberapa kelompok penonton yang menghadiri pagelaran musik tersebut, sebut saja Slanker Jogja, beberapa Out Sider (julukan fans SID) dari beberapa kota yaitu, Jogja (sebagai tuan rumah), klaten, sleman, serta Pekalongan.
pagelaran musik itu sendiri di gelar atas dasar peringatan ulang tahun kota Jogja yang di terlaksana bebebrapa hari sebeumnya, yaitu ulang tahun ke-253. sedangkan semua acara ini terlaksana berkat kerjasama rocket production serta PT. Jarum sebagai seponsor.

Lain halnya dari konser musik, Jogja yang lekat dengan istilah kota pelajar pun menggelar hajat besar yaitu Pameran komputer yang bertajuk "YogyaKomTek 2009". acara ini di gelar di Jogja Expo Centre (JEC), dan sukses menarik penguncung ribuan perharinya. acara ini di selenggarakan dari tanggal 17-21 oktober 2009, dan menggelar berbagai macam produk dari pabrikan-pabrikan ternama mulai dari luar sampai dalam negeri pun ikut memeriahkan pameran komputer tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar